Rabu, 29 Mei 2013

Ayam Aduan Penyakit Gejala Penyebab Penularan Pengobatan serta Pencegahannya

PENYAKIT SNOT (Pilek Ayam)

Gejala hidung keluar cairan, lubang hidung tersumbat lendir, napasnya berbunyi atau ngorok, mata dan muka ayam membengkak, nafsu makan menurun, kotorannya encer dan bercampur lendir serta berwarna agak kehijauan, ayam tampak lesu.

Penyebabnya adalah bakteri Haemophilus Gallinarum.

Penularannya melalui air minum, udara, atau hubungan langsung antara ayam sehat dengan ayam sakit atau juga kondisi kandang yang tidak baik, seperti lembab, ventilasi yang kurang baik atau juga sanitasi yang tidak memadai.

Pengobatan ayam yang menderita snot atau pilek ayam ini dapat diobati antara lain dengan

a. Antisnot
b. Chlor Cucline
c. Coccilin Kapsul
d. Coryvit Kapsul
e. Doxyvet
f. Erynosil Kapsul
g. Sulfadimetoksin
h. Sulfamix
i. Sulfatiasol
j. Tetrastrep

Dosis masing-masing obat yang diberikan dapat dilihat pada label kemasan obat.

Pencegahannya kondisi kandang diusahakan agar tidak terlalu basah atau lembab, ventilasi kandang diupayakan lancar, sanitasi dilakukan dengan baik, ayam yang sakit dikarantina atau dipisahkan agar tidak terjadi penularan.


PENYAKIT FOWL POX (Cacar Ayam)

Gejala muka, pial, jengger dan kelopak mata timbul bintil-bintil merah kemudian membesar berwarna kekuning-kuningan dan akhirnya menjadi hitam, pernapasan terganggu, napsu makan berkurang.

Penyebabnya virus cacar Borreliota Avium

Penularannya melalui air minum, tempat makan, transmisi melalui serangga seperti digigit nyamuk, kontak langsung antara ayam sakit dengan ayam sehat.

Pengobatannya bintil-bintil pada ayam diolesi dengan air karbol keras (phenolum liquidum) hingga bintil-bintil tersebut kering dan mengecil.

Pencegahannya ventilasi kandang diusahakan lancar, ayam dihindarkan dari nyamuk, dengan memasang selimut atau kelambu yang rapat untuk menyelimuti kandang, ayam yang sakit segera dipisahkan atau dikarantina, bila sering terjadi wabah dilakukan penyemprotan dengan Delvax PD.


PENYAKIT CRD (Chronic Respiratory Disaese)

Gejala kepala sering digeleng-gelengkan, hidung keluar cairan, sering bersin dan batuk, ngorok terutama pada malam hari, muka membengkak, nafsu makan berkurang, ayam tampak lesu, ayam menjadi cepat kurus.

Penyebabnya adalah virus Pleuro Pneumonia Like Organism (PPLO) atau bakteri Mycoplasma Gallisepticum.

Penularannya melalui kontak langsung antara ayam sakit dan ayam sehat, melalui pakan dan minuman, dan alat-alat lain yang terdapat dikandang.

Pengobatannya ayam yang sakit dapat diobati dengan

a. Tetra-Chlor
b. Ampivet

Pencegahannya melakukan vaksinasi anti-CRD, kebersihan kandang harus dijaga dengan cara menyemprotkan Neoantisep atau Rodalon setiap dua minggu sekali, diusahakan jangan tercampur ayam yang berbeda umurnya dalam satu kandang.


PENYAKIT NEW CASTLE DISEASE (Tetelo)

Gejalanya terdapat gangguan sesak napas, bersin, ngorok, nafsu makan turun drastis, sayap menurun, kaki lumpuh, kepala tertunduk atau sering berputar-putar, ayam berjalan mundur diikuti kepala yang terangkat menghadap kebelakang, kepala merunduk diantara kedua kaki, kotoran cair berwarna hijau kekuningan, dan terkadang bercampur darah.

Penyebabnya virus Tutor Furens

Penularannya melalui kontak langsung antara ayam sehat dan ayam sakit, melalui pakan, minuman, udara, dan lain sebagainya.

Pengobatan Penyakit Tetelo ini belum ada obatnya.

Pencegahannya ayam yang sakit dipisahkan atau dikarantina, kebersihan kandang dan perlengkapannya selalu dijaga, sebulan sekali kandang disemprot dengan Anti Germ 50, bila perlu ayam diberi vaksinasi secara teratur dengan obat anti-NCD


PENYAKIT FOWL CHOLERA (Kolera Ayam)

Gejalanya jengger dan muka ayam berwarna biru, pial lemas dan membengkak, suhu badan tinggi, ayam selalu kehausan, nafsu makan menurun ayam menjadi kurus, kotorannya cokelat atau kehijauan.

Penyebabnya adalah bakteri Salmonella Multocida.

Penularan melalui kontak langsung antara ayam sakit dan ayam sehat, pakan dan minuman yang telah tercemar.

Pengobatannya ayam yang sakit dapat diobati dengan

a. Coccilin
b. Coryvit Kapsul
c. Suanovil
d. Coxy
e. Tetrasulfa B-plex
f. Tetrachlor

Pencegahannya dengan menjagakebersihan kandang, ventilasi kandang cukup lancar, peralatan yang habis terpakai harus disucihamakan, ayam yang sakit yang mati harus dibakar atau dikubur dalam-dalam.


PENYAKIT BLACK HEAD (Kepala Hitam)

Gejalanya kepala dan bagian tubuh yang tidak berbulu akan berwarna kehitaman, ayam tampak lesu, pucat, bulu rontok.

Penyebabnya adalah Histomonas Melegridis

Penularannya melalui pakan, minuman, atau melalui kotoran ayam yang sakit.

Pengobatannya ayam yang sakit diobati dengan

a. Coccilin
b. Furazon

Pencegahannya ayam yang sakit segera dikarantina, agar tidak terjadi penularan penyakit, kebersihan kandang dijaga dengan baik, sanitasi harus memadai.


PENYAKIT FAVUS (Jengger Putih)

Gejalanya pial ayam terdapat bintik-bintik kemudian tertutup seluruhnya dengan bercak-bercak berwarna putih kekuningan, jika penyakit ini menyerang leher atau bagian yang berbulu maka bulu akan rontok, bagian tubuh yang terserang penyakit ini akan berbau busuk.

Penyebabnya jamur Lophopyton Gallinae

Penularan melalui kontak langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit atau keadaan kandang yang kotor.

Pengobatannya bagian yang sakit dari ayam petarung dibersihkan lalu diolesi salep 1 sampai 3 kali sehari sampai sembuh. Salep ini merupakan campuran Formalin dan Vaselin dengan perbandingan 1 : 1

Pencegahannya menjaga kebersihan kandang, ayam yang sakit harus dikarantina.


PENYAKIT BLUE COMB (Jengger Biru)

Gejalanya jengger tampak berkerut, pucat dan kemudian berwarna biru, suhu badan ayam turun, ayam tampak kedinginan, nafsu makan turun, ayam menjadi kurus, kotorannya encer dan berwarna keputihan.

Penyebabnya adalah adanya ganguan metabolisme, stres, dan infeksi bakteri atau virus

Pengobatannya ayam yang sakit dapat diobati dengan

a. Tetrachlor
b. Coccidiosis
c. Tetrafein
d. Furazon
e. Tetramysin Poultry Formula
f. Ampivet
g. Noptress Hijau
h. Neovet

Pencegahannya ventilasi kandang cukup memadai, sanitasi kandang diperbaiki, jika hari terlalu panas, ayam petarung dapat diberi Vita Strong, pemberian pakan yang baik, yaitu diberi ransum pakan yang dilengkapi vitamin, serta mineral didalam air minumnya.


PENYAKIT BERAK KAPUR

Gejalanya kotoran ayam berlendir dan bercampur butiran putih seperti kapur, ayam tampak lesu, sayapnya terkulai, warna bulunya kusam, selalu merasa kehausan.

Penyebabnya adalah bakteri Salmonella Pullorum

Penularan melalui hubungan langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit, melalui pakan dan minuman.

Pengobatannya ayam yang sakit masih dapat disembuhkan dengan

a. Sulfamix
b. Noxal
c. Tetrafein
d. Coxalin
e. Trimezin dan obat-obatan anti biotik lainnya

Pencegahannya kebersihan kandang harus dijaga, tempat pakan dan tempat minum ayam harus selalu diperhatikan, ayam yang sakit dipisahkan atau dikarantina.


PENYAKIT COCCIDIOSIS (Berak Darah)

Gejalanya kotoran encer dan berwarna merah karena bercampur darah, ayam tampak pucat dan lesu, nafsu makan menurun, ayam menjadi kurus, warna bulunya kusam

Penyebabnya adalah Protozoa dari Genus Coccidia yang merusak dinding usus dan pencernaan lainnya

Penularannya melalui pakan, airminum, dan perlengkapan kandang atau melalui kutu, serangan tikus, dan unggas lainnya

Pengobatannya ayam yang sakit bisa diberi obat

a. Suanovil
b. Coxy
c. Embacox
d. Trisulfa
e. Tetra Sulfa B-plek, dan obat anti biotik lainnya

Pencegahannya ayam yang sakit dipisahkan dari ayam yang sehat, kebersihan kandang dijaga, sanitasi juga harus baik.


PENYAKIT FOWL TYPKOID (Typus Ayam)

Gejalanya ayam tampak lemah lesu, muka pucat dan bulunya kusam, nafsu makan menurun, badan menjadi kurus, kotoran sering encer, berwarna kuning dan melekat sehingga menutupi dubur, suhu badannya tinggi dan ayam selalu tampak kehausan

Penyebabnya adalah Salmonella Gallinarum

Penularannya melalui kontak langsung antara ayam sakit dengan ayam sehat, pakan dan minuman, kandang dan peralatan lainnya

Pengobatannya ayam yang menderita sakit ini dapat diobati dengan

a. Nitrofurazoldone (NF-180)
b. Tetrachlor
c. Coccilin Kapsul
d. Neosulfacixalin
e. Fural Tetra
f. Sulfaxline, dan obat-obatan anti biotik lainnya

Pencegahannya ayam yang sakit dikarantina, kebersihan kandang dan peralatan lainnya harus selalu dijaga, sanitasi harus baik agar kondisi kandang selalu kering, ventilasi kandang diusahakan cukup baik agar udara dan sinar matahari bisa masuk


PENYAKIT BRONCHITIS

Gejalanya hidung ayam mengeluarkan lendir, sesak napas, ayam sering bersin atau batuk-batuk, mulut ayam selalu terbuka

Penyebabnya adalah Virus Terpeia Pulli

Penularannya melalui hubungan langsung antara ayam sehat dengan ayam yang sakit serta melalui pakan dan minuman

Pengobatannya sampai sekarang belum ditemukan obat untuk penyakit Bronkhitis

Pencegahannya tempat pakan dan minum direndam dengan larutan Antisep, Neo Antisep, atau Medisep setiap satu minggu sekali, kebersihan kandang dan sistem sanitasi harus selalu dijaga, dilakukan vaksinasi dengan vaksin bronkhitis, nafsu makan ayam ditingkatkan dengan memberikan Vita Strong, Vita Chick, atau Fortevit melalui air minum.


PENYAKIT MAREK (Marek's Disaese)

Gejalanya ayam terlihat kejang, kakinya pincang atau lumpuh, kedudukan kaki yang satu kedepan dan kaki yang lainnya ke belakang, sayap menggantung lumpuh, kadang-kadang posisi leher seperti terpulir, napas sesak, berat badan menurun, kotorannya mencret dan berwarna kehijauan, bulu kusam

Penyebabnya adalah Virus Marek (Harpes) atau Virus Deoxyribonucleicid.

Penularan melalui pernapasan dan kotoran

Pengobatannya ayam yang terkena penyakit Marek ini dapat diobati dengan Ostelin Kapsul

Pencegahannya ayam yang sakit segera di karantina agar tidak terjadi penularan, sistem sanitasi kandang diusahakan dengan baik, ayam yang masih berumur satu hari di beri Vaksinasi dengan Vaksin TAD Marek Vac (Vaksin Marimune) dan Vaksin Moravac


PENYAKIT IMPACTION (Tembolok Mengeras)

Gejalanya tembolok ayam membesar dan mengeras, ayam tampak lesu atau lemah, dari mulut atau hidung keluar cairan berbau busuk, kemauan makan masih ada namun ayam sukar menelan

Penyebabnya adalah pemberian pakan yang tidak teratur dan tidak terkontrol, kadang-kadang ayam memakan benda yang keras sehingga sulit dicerna, misalnya karet gelang, tali rafia, sabut kelapa, jamur, bulu, plastik, dan lain sebagainya yang dapat melemahkan tembolok. Selain itu penyebabnya adalah ayam kurang minum

Pengobatannya untuk sementara ayam tidak diberi pakan, isi tembolok yang diencerkan dengan obat tembolok. Tembolok dipijit-pijit sampai lunak dan diusahakan isinya dimuntahkan dengan cara kepalanya diarahkan kebawah. Setelah bersih, satu jam kemudian baru boleh diberi pakan yang lunak, misalnya buah pepaya yang matang atau menggunakan pisang

Pencegahannya pakan dan minum diberikan secara teratur dan terkontrol, kebersihan kandang dan sekitarnya dijaga dengan baik. Benda-benda keras yang membahayakan pencernaan dijauhkan dari lingkungan kandang atau sekitar ayam.


KAKI BUBUL (Bumble Foot)

Gejalanya telapak kaki bengkak dan mengeras, ayam berjalan pincang dan kaki yang sakit sering diangkat atau digantung

Penyebabnya telapak kaki ayam terluka karena terkena alas kandang atau ayam turun dari tempat yang tinggi. Jika luka tersebut kemasukan bakteri, telapak kaki menjadi bengkak, bernanah, dan mengeluarkan bau busuk.

Pengobatannya bagian kaki yang membengkak dicuci dan dibersihkan dengan kapas beralkohol kemudian dibedah dengan menggunakan pisau yang tajam dan steril. Cairan atau nanah yang sudah mengeras dikeluarkan semua, jika telah bersih telapak kaki tersebut segera ditetesi dengan Neo Antisep atau diolesi dengan Salep Cil. Dan kemudian luka dibalut agar tidak kemasukan bakteri dan kuman penyakit

Pencegahannya alas kandang diusahakan terbuat dari bahan yang tidak mudah melukai kaki ayam. Tenggeran dibuat dengan permukaan agak membulat dan dipasang tidak terlalu tinggi dari permukaan kandang


KAKI BERKAPUR

Sisik kaki terlihat berdiri dan dibawahnya terdapat zat tebal seperti kapur, ayam sulit menggerakan kakinya

Penyebabnya adalah Kutu atau Tungau Kudis Cnemidocoptes Mutans

Pengobatannya kaki ayam yang sakit dibersihkan dengan diluruhkan lapisan kapurnya dengan larutan Alkohol 70 persen atau Boor Water lalu olesi dengan Salep Belerang 10 persen

Pencegahannya kebersihan kandang harus lebih dijaga atau ditingkatkan, sistem sanitasi dan ventilasi diusahakan lebih baik lagi


KUTU DIDALAM BULU

Gejalanya ayam gelisah dan tidak dapat tidur, ayam tampak pucat, badan ayam terlihat kurus, pertumbuhan badannya terlambat, kulit dan bulunya terlihat rusak

Penyebabnya adalah kutu yang biasanya bersarang dikulit atau melekat dibulu ayam. Kutu parasit ini menghisap darah ayam. Selain sebagai parasit, kutu juga dapat memindahkan penyakit tertentu, misalnya kolera, NCD, dan lain sebagainya

Pengobatannya seluruh tubuh dan juga ekor ayam dibedaki tepung DDT 0,5. Cara lainnya dengan memandikan ayam menggunakan larutan Neguvon 0,15 persen (15 gram untuk 10 liter air) caranya satu persatu ayam dicelupkan kedalam larutan Neguvon selama 1 sampai 2 menit. Selain itu dapat juga dilakukan pengobatan dengan cara digosok dengan salep belerang pada bagian yang terserang kutu. Salep ini terbuat dari campuran serbuk belerang dan vaselin dengan perbandingan 1 : 4

Pencegahannya kebersihan kandang dijaga dengan baik, secara berkala kandang disemprot dengan obat anti kutu.

Demikianlah telah diuraikan mengenai beberapa penyakit yang sering terjadi pada ayam aduan berikut cara pengobatan serta pencegahannya.



28 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. lengkap banget bro panduannya ijin save yoh..
    cek website saya bro http://www.anakayam.co

    BalasHapus
  3. PROMO NEW MEMBER 20%

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa pelayanan buat permulaan akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di kantor cabang judi online yang berderajat International, valid dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    https://bolazeus.net/2018/07/23/pentingnya-kepercaya-diri-dalam-permainan-domino-qq/
    https://bolazeus.net/2018/07/22/cara-daftarkan-link-referral-di-situs-judi-taruhan-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/26/bermain-poker-online-tanpa-mengunakan-modal-yang-besar/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    BalasHapus
  4. PROMO MEMBER BARU 20%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Juga Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    http://www.dewazeus.org/cara-membuat-ramuan-obat-tradisional-untuk-penyakit-ayam-lumpuh/
    http://www.dewazeus.org/klarifikasi-penyakit-infeksi-yang-terjadi-pada-ayam-aduan/
    http://www.dewazeus.org/titik-pukulan-fatal-ayam-aduan-sanggup-buat-lawan-tewas/

    Ayo join sekarang di dewazeus.org

    BalasHapus
  5. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa pelayanan terhadap permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di perutusan judi online yang bertaraf International, benar dan terpercaya hanya di situs judi online.

    Juga Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  6. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan untuk pembukaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di delegasi judi online yg berderajat International, berlaku dan terpercaya hanya di judi bola deposit pulsa.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan sport di dunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Daftar sekarang di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  7. Ingin bermain permainan Judi Online yang REAL dan AMAN?
    ZEUSBOLA adalah pilihan yang trepat untuk bermain permainan Judi Online.

    Semua permainan yang disediakan terbukti FAIRPLAYnya dan tidak perlu takut dengan adanya kecurangan. Permainan yang disediakan juga tidak sedikit, hanya dengan 1 UserID Anda sudah bisa memainkan semua permainan yang disediakan.

    ZEUSBOLA :
    - Minimal Deposit VIA ATM / OVO Rp. 50.000,-
    - Minimal Deposit VIA PULSA Rp. 25,000,-
    - Minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    - Customer Service selalu siap melayani 24 jam 7 hari PENUH !!
    - Proses DEPO / WD hanya butuh 2 - 3 Menit
    - Support bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga

    PROMO :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui:
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  8. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker yaitu duta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam macam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai agen judi poker dgn rating win tertinggi.
    ceme poker menjamin 100% keamanan seputar membernya pula pemain Poker aku dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sembrono nantikan bonus menyentak setiap bulannya dan sagu hati referal sebaya hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  9. BISA DEPOSIT via OVO

    CemePoker yakni cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan beraneka ragam tidak sedikit game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai peserta judi poker bersama rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan segenap membernya serta pemain Poker awak dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan sampai lupa nantikan sagu hati menyentak setiap bulannya dan upah referal seusia hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  10. Saat ini website / situs S128Cash Agen Sabung Ayam Online Terbaik dan Terpercaya, telah menjadi salah satu website TerFAVORITE untuk para pemain Judi Online terutama Sabung Ayam di seluruh INDONESIA karena di S128Cash Anda bisa menjadi JUTAWAN dan ini sudah terbukti di seluruh INDONESIA !!

    Kami juga menyediakan PROMO BONUS yang sangat menarik untuk para member-member tercinta kami..
    Berikut HOT PROMO yang disediakan :
    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUNG !!

    Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Segera bergabung dan Daftar S128 Anda bersama kami, JANGAN SAMPAI KESEMPATAN KEMENANGAN ANDA TERLEWATKAN !!

    Hubungi Kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  11. DEPOSIT PULSA & OVO

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan mater master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    login zeusbola

    Ayo main sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  12. [img]https://i.imgur.com/msue4ft.jpg[/img]

    ayo bergabung dengan bolavita khusus new member lgsg di berikan 10% sabung ayam toraja
    tanpa ribet dan masih banyak bonus2 lain nya
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam
    depo wd secepat kilat ^^

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995

    BalasHapus
  13. Bolavita Agen Judi Online Terpercaya dengan keamanan ketat yang dijamin Aman Dan Nyaman ketika bermain, Tersedia berbagai jenis permainan seperti Casino Live, Tembak Ikan Online, Taruhan Bola Online, Slot, Bola Tangkas, Togel Online Dan masih banyak lainnya.

    Tersedia Bonus Meriah :
    ♥ Bonus Deposit Pertama 10%
    ♥ Bonus Cashback s/d 10%
    ♥ Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    ♥ Bonus Referral 7% + 2% seumur hidup !
    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/

    Kontak Layanan 24 Jam online :
    • WhatsApp : +62812–2222–995
    • Wechat : Bolavita
    • Line : cs_bolavita
    • Telegram : @bolavitacc

    Linkaja88

    BalasHapus
  14. Bolavita Agen Judi Online Terpercaya dengan keamanan ketat yang dijamin Aman ! Menyediakan Permainan Online | Taruhan Sabung Ayam Online | Judi Casino Live | Tembak Ikan Online | Taruhan Bola Online / Sportsbook | Judi Slot | Bola Tangkas | Poker Online | Togel Online SGP / HK / KL

    Deposit Langsung Dapat BOnus 10% Langsung !
    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/

    Atau Hubungi Kontak Kami Klik Link : http://bit.ly/kontakonline24jam

    BalasHapus
  15. ==Winnig303== Permainan Betting Game Online Yang Sedang Populer Saat ini...

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery
    5. Poker Online
    6. Sabung Ayam


    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  16. Bolavita situs judi online yang tak diragukan lagi, paling aman dan proses transaksinya sangat cepat..

    Menyediakan taruhan online sabung ayam, casino live, slot, bola, basket, togel dan masih banyak lainnya.. tersedia taruhan online via ovo, gopay, dana, linkaja, pulsa, dan semua jenis rekening bank. Maka anda tidak perlu bingung untuk bermain, bisa menggunakan apa saja...

    Link pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
    Kontak Bolavita online 24 Jam : https://linktr.ee/bola.vita

    BalasHapus
  17. Promo Bonus Terbaru Bolavita ! Agen Judi Online Terpercaya Di Indonesia Sejak 2014 !

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus Deposit Harian 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
    ★ Bonus Rollingan Mingguan 0.5% + 0.7%

    Hadiah Natal & Tahun Baru 2019/2020 !
    1. Hp Samsung Galaxy S10
    2. Hp Vivo V17 Pro
    3. Hp Xiaomi Note 7
    4. Hp Oppo Reno 2
    5. Hp Advan G3
    6. Hb Xiaomi Mifa S2
    7. Humidifier Diffuser Aromatherapy
    8. T-shirt Keren

    Menyediakan Berbagai Jenis Taruhan Online Uang Asli :

    » Taruhan Bola Online ( SBOBET / IBC BET / 368BET / NOVA88 / CBET )
    » Casino Live ( Bakarat / Rolet / Dadu / Blacjkack / Dragon Tiger / )
    » Sabung Ayam Live ( S128 / SV388 )
    » Bola Tangkas
    » Togel Online ( HK / SGP / KL )
    » Tembak Ikan
    » Slot / Ding - Dong ( JACKPOT )
    » Poker Online

    Pendaftaran Kunjungi : http://159.89.197.59/register/
    Whatsapp 24 Jam Kunjungi : https://bit.ly/31SZvwy
    Tautan Live Chat : https://bit.ly/2VD8fER

    #Bandar Judi Linkaja

    BalasHapus
  18. Ingin bermain permainan Judi Online yang REAL dan AMAN?
    ZEUSBOLA adalah pilihan yang trepat untuk bermain permainan Judi Online.

    Semua permainan yang disediakan terbukti FAIRPLAYnya dan tidak perlu takut dengan adanya kecurangan. Permainan yang disediakan juga tidak sedikit, hanya dengan 1 UserID Anda sudah bisa memainkan semua permainan yang disediakan.

    ZEUSBOLA :
    - Minimal Deposit VIA ATM / OVO Rp. 50.000,-
    - Minimal Deposit VIA PULSA Rp. 25,000,-
    - Minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    - Customer Service selalu siap melayani 24 jam 7 hari PENUH !!
    - Proses DEPO / WD hanya butuh 2 - 3 Menit
    - Support bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga

    PROMO :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui:
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    BalasHapus
  19. BOLAVITA Merupakan Agen Bola Betting Online Terbesar Di Indonesia, berlokasi di Manila, Philippines. Memiliki Licensi Resmi yang menjamin keamanan data para member.

    Berdiri sejak 2013, dan sampai saat ini Terus Dipercaya Masyarakat Indonesia Sebagai Agen Taruhan Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Menyediakan Permainan yang sangat Lengkap.

    » Sabung Ayam Live (s128 / Sv388)
    » Sportsbook ( Sbobet / Nova88 / Cbet )
    » Casino Live
    » Slot Jackpot
    » Bola Tangkas
    » Togel Online
    » Poker Online
    » Domino Online

    PROMO SPESIAL BOLAVITA !

    Promo Sabung Ayam - Bonus Spesial 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x
    KLIK LINK DI SAMPING » http://159.89.197.59/bonus-8x-9x-10x-win-sabung-ayam/

    Promo Casino Live - Bonus Spesial 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x
    KLIK LINK DI SAMPING » https://bit.ly/2w0r9MQ

    Masih Banyak Promo Menarik Lainnya yang tersedia di Agen Bolavita ! Daftar dan Mainkan Permainan Kesukaan anda sekarang juga !

    Link Kontak Resmi Bolavita » https://linktr.ee/bola.vita
    Website Resmi Bolavita » http://159.89.197.59/

    BalasHapus
  20. Promo Spesial Bonus 100% Judi Online Di Indonesia *Khusus Disitus Agen Bolavita !

    Menyediakan Berbagai permainan yang lengkap dan terjamin keamannnya.

    Tersedia Promo Bonus Yang dapat anda klaim langsung :
    » Bonus Deposit Pertama New Member 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback 5% – 10%
    » Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    » Bonus Referral 7% + 2% Seumur Hidup

    Bonus Spesial ( Dapat di Klaim Setiap Hari )
    » Bonus 100% ( Taruhan Win Beruntun )

    Dapat bertransaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa
    - Sakuku

    Daftar Bolavita
    KOntak Bolavita
    » Nomor WhatsApp : +62 812-2222-995
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita
    » ID Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus
  21. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di perizinan judi online yg bertingkat International, sahih dan terpercaya hanya di judi via pulsa.

    Juga Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    login zeusbola
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  22. BANDAR JUDI SLOT PALING LENGKAP DENGAN 1 USERID BISA MEMAINKAN SEMUA PERMAINAN
    WELCOME BONUS UNTUK PERMAINAN SLOT 50% MAKSIMAL 1.000.000 IDR
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN) :
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon

    LINK AKSES :
    Agen Togel
    Agen Togel Singapura
    Museumbola Slot Habanero
    Museumbola Livecasino







    BalasHapus
  23. Penasaran dengan mega jackpot slot game online? Mau coba tapi ragu cari situs slot game terpercaya? Jangan ragu lagi, gabung bersama museumayam situs judi online terpercaya dengan dibekali dengan berbagai provider ternama yang akan membuat kalian semua nyaman saat bermain.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Registrasi Gratis --> Museumayam

    Kontak Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Red Tiger Slot
    JDB Slot
    JILI Slot
    Agen Togel Hongkong
    Museumbola Joker123
    Sabung Ayam Online
    togel online
    Museum Toto
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa

    BalasHapus
  24. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    BANDAR TOGEL DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  25. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    AGEN TOGEL DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  26. Museumtoto Situs Togel Online sekarang sangatlah mudah bos bisa melalui Bank , E-wallet (ovo,gopay,dana,sakuku,Link Aja) BTPN JENIUS dan Pulsa. Untuk Kalian Yang Tidak Ada Rekening Bank Bisa Langsung Daftar Di Situs Museumtoto Saja, Tanpa Rekening Pun Anda Bisa Daftar Togel Online Klik Disini

    Hubungi kami melalui
    Link: Museumtoto
    Facebook: museumtoto
    Instagram: museumtoto
    Whatsapp: 6287777007391
    Link Whatsapp : https://bit.ly/WA-Museum

    BalasHapus
  27. BOLAVITA merupakan Agen Sportsbook yang paling lengkap di Indonesia !!
    ✔ SBOBET
    ✔ MAXBET
    ✔ 368BET

    Daftar dan gabung sekarang !! Karena berapapun kemenangan Anda tentunya akan dibayar langsung oleh Agen BOLAVITA !!

    Ada banyak bonus GEDE-GEDEan menarik di BOLAVITA :
    ✔ BONUS NEW MEMBER 10%
    ✔ BONUS EVERYDAY 5%
    ✔ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ✔ BONUS SEUMUR HIDUP 10%
    ✔ HADIAH, DISKON & FREECHIPS

    Dengan minimal deposit Rp 10.000 saja sudah dapat memainkan semua permainan yang disediakan Agen BOLAVITA dan cukup dengan 1 USERID saja !!

    Dengan adanya kerjasama dengan Bank Indonesia, aplikasi dan via pulsa sudah dapat melakukan deposit untuk bermain !!

    Customer service online 24 JAM NONSTOP untuk melayani Anda yang sedang mengalami kendala !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #agenbolavita #agenjudi #agentangkas #agenbola #agentogel #agensabung #agentangkaas #Judionlineterbaik #bandarterbesar #bandarterpercaya #judionlineterpercaya #situsbolaterbesar #situsbolaaman #judionlineaman #pokeronline #Pokerindonesia #togelonlineterbaik #pokeronlineterbaik #bandartogelterbaik #agentogelterbesar #tangkasnet #judislot #slotgames #joker #bonusterbaik #bonusterbesar #hadiahdanbonus #freechips #casinooline

    BalasHapus